Bulan Ini, Basuki Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Metro

SigerNews.com METRO – Kursi Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro bulan Juli ini bakal terisi. Hal itu diutarakan Sekertaris DPRD Kota setempat saat dikonfirmasi awak media, Senin (5/7/2021).

Sekertaris DPRD Kota Metro, Budiono memastikan pelantikan Basuki menjadi Wakil Ketua I DPRD Kota Metro akan berlangsung bulan ini. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Biro Otonomi Daerah Provinsi Lampung.

“Hasil dari koordinasi kami SK nya sudah di Biro Hukum Provinsi Lampung. Kemungkinan dalam sepekan lagi akan selesai, dan pada Juli 2021 bisa dilantik,” ucapnya.

Budiono menuturkan, proses menjelang pelantikan yang harus melewati beberapa tahapan. Ia menjelaskan, tahapan awal setelah disetujui DPRD Metro bakal menghabiskan waktu hingga tujuh hari.

“Untuk tahapannya dari awal setelah disetujui di DPRD Kota Metro memakan waktu tujuh hari dan di Walikota Metro juga tujuh hari, kemudian saat di provinsi 14 hari kerja. Jadi total sekitar 28 hari kerja harus selesai. Nantinya akan naik ke Sekda Provinsi setelah itu naik ke Gubernur Lampung,” jelasnya.

Setelah diterima sekertariat DPRD Kota Metro, nantinya berkas akan dilaporkan kepada Ketua DPRD lalu digelar Banmus. “Teknisnya nanti setelah diterima oleh Sekretariat DPRD Kota Metro kita laporkan ke pimpinan, kemudian akan diadakan Banmus. Nanti akan diagendakan jadwal paripurna pelantikan,”

Budi juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan kantor Pengadilan Negeri Kota setempat untuk melantik Wakil Ketua DPRD Kota Metro.

“Sebelum itu juga kami berkoordinasi dengan Pengandilan Negeri Kota Metro karena untuk pimpinan yang melantik ketua PN Kota Metro,” bebernya.

Sementara, untuk mengisi kekosongan kursi Ketua Komisi I DPRD Metro setelah Basuki dilantik, forum pengisian Ketua Komisi I akan diserahkan kepada komisi masing-masing.

“Apakah nanti akan dipilih ulang atau diserahkan langsung ke pengganti nya. Itu nanti dilakukan setelah pak Basuki dilantik,” tandasnya.

Diketahui, Basuki merupakan anggota DPRD Kota Metro dari Dapil Metro Timur yang menduduki jabatan ketua Komisi I. Rencananya bulan ini ia bakal dilantik menjadi Wakil Ketua I DPRD Kota Metro menggantikan Anna Morinda yang mundur lantaran mengikuti kontestasi Pilkada serentak 2020 lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *