Dinas Penanaman Modal Sebut, IMB Gudang Toko Michael Hadimulyo Barat, Langgar Aturan

SigerNews.com METRO– Gudang penyimpanan makanan ringan Toko Michael di Jalan Nuri Jl. kakak Tua Hadimulyo Barat Kota Metro dipastikan Ijin Mendirikan Bangunannya ( IMB) tidak sesuai dengan peruntukannnya. Hal tersebut disampaikan Edy Pakar, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMD/PTSP) Kota metro, di ruang kerjanya, Senin ( 22/02).

Edy Pakar Mengungkapkan, gudang tersebut seharusnya mengurus izin terlebih dahulu perubahan IMB yang semula izin tempat tinggal, namun kenyataaannya dijadikan Gudang tempat penyimpanan makanan.

Menurut Edy Pakar, pihaknya hanya sebatas mengeluarkan izin, namun yang berhak secara tekhnis dalam pengurusan kelengkapan persyaratan adalah dinas perdagangan,

” Jadi IMB nya harus dirubah itu, kalau masih IMB Rumah Tempat Tinggal (RTT), harusnya dirubah menjadi IMB Rumah Tempat Usaha (RTU)”, ujarnya.

” Untuk pendaftaran dan penertiban ijin itu memang di dinas kami, tapi semua teknis rekomendasinya dari dinas teknis terkait, misalnya dinas perdagangan dan lain sebagainya”, terangnya.

” Artinya, tidak mungkin kami mengeluarkan izin, jika berkasnya administrasinya tidak ada dari dinas tekhnis terkait. Jika ada berkas yang diajukan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, ini bukan kesalahan dari kami, tapi itu yang berwenang adalah perangkat daerah yang mengawasi, merekomendasikan pengajuan tersebut,” tegasnya.

Sementara, kabid Dinas Perdagangan Kota Metro, Fajar Nasution mengungkapkan, jika ada temua perijinannya tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, maka mereka wajib mengurus dan mengubahnya.

” Jika terdapat temua izin Tanda Daftar Gudang jumlah dan jenisnya, maka harus diurus dsn diubah”, katanya.

Fajar mengaku siap bersama pamong setempat untuk turun ke lokasi gudang guna mengcroscek terkait indikasi kelengkapan izin toko tersebut.

Deketahui, Gudang Michael di jalan Kakak tua hadimulyo Barat telah berjalan selama 30 tahun. Diduga menyalahi izin dan memanipulasi berkas pendaftaran izin. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *