Kejari Tulang Bawang Kembali Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana

SigerNews.com TUBA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulang Bawang melakukan pemusnahan barang bukti tahap III dari tindak pidana bulan September hingga Desember 2020 di halaman belakang gedung Kejaksaan Negeri setempat. Kamis sore, (3/12/2020).

Barang bukti yang dimunahkan merupakan hasil tindak pidana yang perkaranya telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) melalui putusan pengadilan. Sehingga, oleh pengadilan melalui amar putusannya memerintahkan pemusnahan barang bukti agar tidak dapat dipergunakan lagi.

Kegiatan Pemusnahan barang bukti dipimpin oleh Baladhika Surengpati, SH.,MH selaku Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan mewakili kepala Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Dyah Ambarwati, SH., MH didampingi Kasi Pidana Umum A.R Guntoro, SH, Kasi Intelijen Raden Akmal, SH, Kasat Narkoba Polres Mesuji IPTU Iwan Ricad, SH., MH, dan Kasat Reskrim Polres Tulang Bawang Barat IPTU Andre, SIK.,MH.

“Barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap yang dalam putusan pengadilan/hakim itu dirampas untuk dimusnahkan, maka kami sebagai jaksa harus menjalankan putusan itu agar barang bukti tindak pidana dimaksud tidak disalah gunakan” jelas Baladhika.

Diketahui, barang bukti yang musnahkan hari ini berupa 26 potong baju dan celana, 13 unit telepon genggam, 1 pucuk senjata api, 10 buah senjata tajam, 40,1736 Gram shabu, serta beberapa alat hisap shabu/bong.

Metode pemusnahan shabu dengan cara diblender dengan cairan pembersih lantai, senjata tajam dipotong menggunakan gerinda, telepon genggam dihancurkan dengan benda keras. Sementara barang bukti lainnya seperti baju, celana, dan alat hisap shabu/bong dimusnahkan dengan cara dibakar. (Rama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *