Diduga Ada Proyek “Siluman” di SMPN 1 Dente Teladas

SigerNews.com METRO – Proyek ‘Siluman’. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan pembangunan rehab berat ruang kelas SMPN 1 Dente Teladas, Tulang Bawang.

Pasalnya, berdasarkan pantauan awak media dilokasi proyek yang dikerjakan secara Swakelola dan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik bidang pendidikan ini tidak memasang papan nama proyek. Hal ini disinyalir mengabaikan Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden Tentang Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

Diketahui, pemasangan papan informasi proyek juga diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 29 Tahun 2006 dan termasuk dalam pekerjaan persiapan (pre-construction).
papan nama proyek tersebut memuat tentang nama kegiatan, nama pengelola, nomor Kegiatan, nilai kegiatan, masa pelaksanaan kegiatan dan lokasi kegiatan.

Terlihat juga para pekerja bangunan tidak menggunakan alat pelindung diri atau APD
juga terkesan minimnya pengawasan.

Saat dikonfirmasi, salah satu pekerja bangunan yang namanya enggan disebut mengatakan, “sudah berjalan ada setengah bulan” ucapnya.

Hal bebeda dikatakan Widia, selaku ketua Panitia Pembangun Sekolah (P2S) SMPN 1 Dente Teladas Menggatakan, “baru berjalan 10 hari, Pembangunan rehab berat ruang kelas itu 5 lokal, tapi kita buat 6 lokal karna ada penambahan buat 1 lokal ruang labaratorium komputer yang di gandengkan dengan ruang kelas” kata widia. Kamis, 15 Oktober 2020.

Lanjutnya, bahwa belum terpasangnya papan informasi proyek dikarnakan bannernya masih di percetakan yang belum sempat diambil “saya sakit bang, kaki keseleo pas sebelum abang dateng tadi memang mau saya ambil tapi mobil saya pas rusak” kilahnya.

Disingung mengenai anggaran bangunan tersebut, Widia sempat diam tidak mau menjawab, Sembari mengalihkan pembicaraan. Ketika ditanyakan kembali Widia menjawab, “iya tau lah saya yang ketua penggelola anggarannya sebesar Rp. 619.000.000,- (enam ratus sembilan belas juta),” ucapnya. (Rama/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *