Kelurahan Purwoasri Diresmikan Menjadi Kampung Tangguh Mandiri Covid-19

SigerNews.com METRO — Kelurahan Purwoasri Metro Utara diresmikan menjadi kampung tangguh mandiri Covid-19. Acara peresmian tersebut dipimpin Irwasda Polda Lampung Kombespol Eddy Hermanto, bertempat di halaman Kelurahan Purwoasri, Kamis, (30/7/2020).

Peluncuran Kampung Tangguh Mandiri dihadiri seluruh lapisan instansi pemerintah dan masyarakat, mulai dari Kapolda Lampung yang diwakili Kombespol Eddy Hermanto, Wali Kota Metro serta jajaran Forkopimda, Polres Metro, Kodim 0411/LT, dan Paguyuban Purwoasri Bersatu (PPB).

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi terutama di Kelurahan Purwoasri, yang di mana jauh sebelumnya memang sudah dikenal sebagai kampung mandiri yang dimotori oleh Paguyuban Purwoasri Bersatu yang banyak membantu Pemerintah Kota Metro dan juga masyarakat setempat,” ujar Wali Kota Metro Achmad Pairin.

Selain itu Purwoasri menjadi salah satu kelurahan paling aman dari tindak kejahatan. “Purwoasri memang sangat layak dijadikan Kampung Tangguh Mandiri, di mana kelurahan ini menjadi yang paling aman dari tindak kejahatan, serta banyak membantu Polsek setempat dalam mengungkap aksi kejahatan di wilayah Metro Utara. Semoga kelurahan lain dapat memiliki kebersamaan seperti di Kelurahan Purwoasri,” tegasnya.

Kampung mandiri pertama kali digagas oleh Polda Jatim dengan program Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dan akhirnya digelorakan di seluruh nusantara, karena dianggap cukup baik dalam menanggulangi dan mencegah Covid-19. Konsep dari KTN ini menitikberatkan kepada peran serta elemen masyarakat untuk meningkatkan daya cegah penularan Covid-19.

Program KTN ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19 serta mewujudkan situasi aman dan kondusif.

Kombespol Eddy Hermanto mengatakan, sangat mengapresiasi peluncuran Kampung Mandiri Kelurahan Purwoasri yang dianggap berbeda dengan wilayah sebelumnnya dalam penguatan di berbagai sektor, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 di tengah masyarakat.

“Kampung Tangguh Mandiri ini sangat luar biasa, bisa memenuhi berbagai aspek, mulai dari pemberdayaan masyarakat, UMKM, kekompakan dalam keamanan, serta yang terutama dapat mengatasi masalah ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Kombespol Eddy Hermanto.

Sementara itu Ketua paguyuban Purwoasri Bersatu Suyono juga menjelaskan, terbentuk Kampung Tangguh Mandiri memang lahir dari kesolidan dan kebersamaan masyarakat bergotong royong dalam menghadapi kondisi apa pun.

“Dahulu kelurahan ini terkenal dengan daerah yang cukup rawan tindakan kejahatan, namun sejak 2008 berubah menjadi kelurahan mandiri dan paling aman di Kota Metro. Ditambah lagi kami perkuat dengan membentuk Paguyuban Purwoasri Bersatu, yang mana bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pengelolaan UMKM yang benar-benar kita kelola dengan baik dan kita jamin keamanannya,” jelasnya. (Adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *