DPRD Berikan Apresiasi Atas Perolehan Predikat WTP ke-6 Pemkab Tulang Bawang

SigerNews.com TUBA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tulang Bawang memberikan apresiasi terhadap kinerja bupati Winarti atas diraihnya predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang ke-6 kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Lampung atas Laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2019. Senin, (15/6/2020).

Ketua DPRD kabupaten Tulang Bawang Sopi’i turut mendampingi bupati Winarti saat menerima laporan hasil pemeriksaan keuangan yang diserahkan secara virtual melalui video conference oleh kepala BPK Perwakilan Lampung Hari Wiwoho yang didampingi kepala Sub Auditorat Lampung I, Myrto Handayani, dan kepala Sub Auditorat Lampung II, Andanu di rumah dinas Bupati Tulang Bawang, jum’at (5/6/2020).

WTP merupakan opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Sebagai lembaga legislatif yang merupakan representasi dari seluruh rakyat Tulang Bawang untuk melakukan pengawasan, anggaran/budgeting dan legislasi, disamping apresiasi terhadap kinerja bupati Winarti dan capaian WTP, tentu ini merupakan wujud gotong-royong dan sinergi antara pemerintah daerah dan DPRD Tulang Bawang sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Untuk diketahui, penyusunan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dilakukan oleh DPRD bersama-sama dengan pemerintah daerah, sementara
Fungsi pengawasan yang dilakukan DPRD adalah dengan melakukan penilaian terhadap pelaksanaan peraturan daerah, kebijakan pemerintah daerah dan pelaksanaan anggaran yang berbasis kinerja. (Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *