Menteri Keuangan Instruksikan Kepala Daerah Hentikan Pengadaan DAK Fisik Tahun 2020

SigerNews.com JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI menginstruksikan kepada para kepala daerah untuk segera menghentikan proses pengadaan barang/jasa sejumlah program yang didanai dari dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2020.

Instruksi Kemenkeu yang sifatnya segera itu dituangkan dalam surat keputusan nomor: S-247/MK.07/2020, Jumat, 27 Maret 2020.

Hal itu dilakukan dalam rangka mewabahnya virus corona atau covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia, yang saat ini membutuhkan aksi cepat. Dimana anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pencegahan dan penanggulangan corona.

“Bersama ini kami meminta agar seluruh proses pengadaan barang/jasa untuk seluruh jenis bidang/subbidang DAK fisik, selain bidang kesehatan dan bidang pendidikan, baik yang sedang berlangsung maupun belum dimulai prosesnya untuk dapat dihentikan pelaksanaannya,” ujar Kemenkeu, Sri Mulyani dalam kutipan surat tersebut.

Disana disebutkan pula bahwa untuk subbidang pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) dan Subbidang perpustakaan daerah pada DAK fisik bidang pendidikan termasuk yang dihentikan proses pengadaan barang/jasanya.

Melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebelumnya, Pemda diberikan kewenangan oleh pusat untuk melakukan realokasikan anggaran pada program yang dibiayai dari DAK fisik untuk kesehatan dan juga dana bagi hasil, seperti DBH-CHT. (Humas Kemenkeu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *