KPU Metro Bakal Verifikasi Faktual Seluruh KTP Dukungan Calon Independen

SigerNews.com METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro akan melakukan verifikasi faktual, Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimasukan bakal calon perseorangan sebagai syarat bukti dukungan maju dalam bursa pencalonan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Metro tahun 2020 ini.

Komisioner KPU Metro devisi teknis Toni Wijaya mengungkapkan, seluruh data KTP yang dimasukan sebagai syarat dukungan, akan diverifikasi secara faktual di tiap kelurahan pada 26 Maret mendatang, sehingga benar-benar jika pemilik KTP, mendukung bakal calon perseorangan yang dimaksud.

“Jadi verifikasi faktual itu kita turun langsung ke para pemilik KTP yang terdata. Nanti, kita tanyakan apa benar memberikan dukungan. Disini kita verifikasi, jangan sampai ada masyarakat yang tidak memberikan dukungan malah KTP mereka jadi bukti dukungan,” tutur Toni, Jumat (20/3/2020),

Menurutnya, hasil verifikasi administrasi telah memenuhi syarat dukungan.

“Sampai saat ini setelah verifikasi administrasi, dukungan Bacalon masih di atas 100% dari jumlah minimal dukungan,” ujarnya.

Tony juga mengimbau kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar dapat bekerja secara profesional sesuai dengan aturan. Ia juga berharap agar masyarakat pendukung Bacalon dapat kooperatif.

“PPS selaku verifikatur agar dapat melakukan tugasnya secara profesional sesuai aturan dan tahapan pemilihan, serta mematuhi imbauan Pemerintah tentang Covid-19, yaitu dengan mengurangi sentuhan fisik, memakai masker dan hand sanitizer,” sambungnya.

Dari hasil verifikasi administrasi di tingkat KPU Kabupaten/Kota Metro, telah ditetapkan putusan jumlah data yang akan diverifikasi sebanyak 12.382 pemilih berdomisili di Kota Metro.

Berikut adalah rekapitulasi jumlah dukungan yang akan dilakukan verifikasi faktual pada setiap Kecamatan di Kota Metro :

1. Metro Pusat : 3847
2. Metro Timur : 2160
3. Metro Utara : 4085
4. Metro Barat : 879
5. Metro Selatan : 1445

Jumlah dukungan masing-masing tersebar di tiap Kelurahan dari lima kecamatan di Kota Metro. (Ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *