Dokter Wahdi Imbau Masyarakat Metro Lawan Covid-19 Melalui Prilaku Hidup Sehat dan Tidak Panik

SigerNews.com METRO – Bakal Calon Wali Kota Metro jalur perseorangan dr. Wahdi Sirajuddin mengajak masyarakat Bumi Sai Wawai untuk memerangi Covid-19 atau Corona virus dengan cara berprilaku hidup sehat dan beribadah.

Menurut Wahdi, prilaku hidup sehat merupakan kunci utama pencegahan penyakit menular. Selain itu, doa kepada sang pencipta juga dinilai ampuh dalam menangkal segala bentuk gangguan kesehatan.

“Kita perlu khawatir, namun jangan terlalu berlebihan. Oleh karena itu, semua pihak harus memikirkan cara cepat menanggulangi dan mempersempit wilayah penyebaran covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus, berdasarkan pengalaman yang ditemui selama menangani berbagai penyakit massal akibat suatu virus. Kuncinya adalah menjaga kebersihan anggota badan, kalau dapat kita selalu dalam keadaan berwudhu, selalu mencuci tangan apalagi ketika hendak makan atau sesudah bersalaman dengan siapapun,” papar Wahdi, Senin(16/3/2020).

Dokter yang diketahui penyuka music pop tersebut juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung seharusnya menciptakan pola dalam mengawasi masyarakt luar yang masuk Lampung.

“Pengawasan orang-orang dari luar Lampung masuk ke daerah ini merupakan salah satu upaya menekan penyebaran covid-19,” kata dia.

Selain itu, Wahdi juga mengajak masyarakat untuk mawas diri, waspada dan menjaga pola hidup sehat.

“Secara individual kita yang berinteraksi sesama makhluk khususnya sesama manusia, perlu mawas diri, waspada dan terpenting menjaga kesehatan. Jika dalam diri kita khawatir di suatu tempat karena banyaknya orang dan kita akan melakukan sholat maka pakailah sajadah yang dibawa dari rumah. Dengan demikian, kita tahu persis sajadah yang kita pakai itu ketika kita melakukan gerakan sholat tertentu,” bebernya.

Tak hanya itu, dr. Wahdi juga mencontoh, bila terdapat anggota keluarga yang sakit khususnya batuk pilek hendaknya diedukasi dengan menutup mulut saat bersin.

“Di antara kita ada yang batuk, kita harus batuk dengan cara sopan, jangan asal batuk sehingga mempengaruhi anggota keluarga yang lain yang ada di ruangan rumah kita. Kesehatan pribadi itu sangat penting, kemudian jaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan jika itu kita lakukan, maka masyarakat sekitarnya Insya Allah akan terjaga juga kesehatannya,” terangnya.

dr Wahdi berharap, dalam memerangi penyebaran covid-19 masyarakat tidak melupakan ibadah khususnya bagi masyarakat beragama islam.

“Jangan sampai kita melupakan ibadah wajib kita sholat lima waktu sehari semalam. Karena, melalui sholat kita berkomunikasi dengan sang Pencipta. Kita berdoa, berdzikir dan sebagainya permohonan kepada Sang pencipta,” tandasnya. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *