Janjikan Status PNS di Unila, Pelaku Tipu Korban Ratusan Juta Rupiah, Akhirnya Ditangkap Polisi

SigerNews.com GUNUNG SUGIH – Team Anti Bandit 308 Polres Lampung Tengah membongkar tindak pidana penipuan dengan modus menjanjikan korban bisa keterima sebagai Dosen PNS di Universitas Lampung. Dalam kasus ini, seorang pria berinisial AHM (54) ditangkap.

Kasat Reskrim AKP Yuda Wiranegara, SH, S.Ik, Mewakili Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma, S.Ik, M.Si mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya Kalibening Kelurahan Tirtomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Yogyakarta, Jumat 6 Maret 2020 sekira pukul 14.00 WIB.

“Modusnya menjanjikan pekerjaan jadi PNS sebagai Dosen di Unila, Kepada masyarakat, hati-hati jangan mudah terbujuk rayuan oknum yang menjanjikan bisa memasukkan pekerjaan PNS atau lainnya,” kata AKP Yuda, Senin (3/2/2020).

Kasat juga menambahkan pelaku ditangkap berdasarkan laporan Slamet Sudarwanto (54) warga Dusun IV Kel. Nambah Rejo, Kec. Kota Gajah, Lampung Tengah dengan Nomor laporan : LP / B-123 / I /2019 / Polda Lpg / SPKT, Tgl 24 Januari 2019.

“Menurut korban pada akhir bulan November 2016 lalu, pelaku menghubungi korban dan mengatakan bisa menjadikan anak korban sebagai Dosen PNS di Universitas Lampung, dengan biaya sebesar 225 juta rupiah, bahkan pelaku juga janji akan mengembalikan uang korban jika tidak diterima, namun justru malah sebaliknya korban tidak diterima dan uang yang telah disetor tidak dikembalikan bahkan pelaku menghilang dan tidak bisa dihubungi,”ujar Kasat Reskrim.

Saat melapor korban menyerahkan barang bukti transfer, surat perjanjian dan surat penetapan usulan NIP, selanjutnya Team Anti Bandit 308 Polres Lampung Tengah yang di pimpin Ipda Senna Indiarto R. S.TrK Berangkat ke Yogyakarta dan menangkap Pelaku AHM dirumahnya.

Guna Mempertanggung jawabkan Perbuatannya Pelaku AHM dijerat dengan pasal 378 jo 55 atau 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara, tegas AKP Yuda. (Adiwangsa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *