Anna Morinda Paparkan Program Recycle Pemanfaatan Sampah Kepada Warga Metro Utara

SigerNews.com METRO – Ketua Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kota Metro Anna Morinda mendatangi warga Kecamatan Metro Utara, Jumat (28/2/2020).

Kedatangannya guna merealisasikan pesan Kamtibmas sebagaimana arahan Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati, termasuk memanagement sampah mulai dari tingkat RT.

“Ini merupakan program pokdar kamtibmas sebagai bagian dari problem solving adalah memanagement sampah sebagaimana arahan kapolres metro,” ujar Anna Morinda.

Wanita yang merupakan Wakil Ketua I DPRD Kota Metro ini juga menyampaikan program recycle sebagaimana pemanfaatan sampah yang menguntungkan masyarakat.

“Kami juga menyampaikan informasi kepada masyarakat metro utara sebagai ketua pokdar Kamtibmas kami akan membuat program-program sebagaimana diarahkan ibu Kapolres. Salah satunya adalah manajemen sampah RT yang bisa di recycling. Jadi dengan melakukan recycle atau daur ulang, benda-benda yang sebelumnya tidak bermanfaat dan menjadi sampah bisa diolah menjadi barang-barang baru yang memiliki manfaat dan kegunaan baru,” papar Anna.

Selain recycle, metode urban farming juga masuk dalam program Pokdar Kamtibmas dan bakal di sosialisasikan ke Masyarakat.

“Penerapan urban farming memamg harus mulai di terapkan, jadi dengan konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan, yang berbeda ada pada pelaku dan media tanamnya. Pertanian konvensional lebih berorientasi pada hasil produksi, sedangkan urban farming lebih pada karakter pelakunya yakni masyarakaturban,” jelasnya.

Guna mewujudkan kesejahteraan secara ekonomi, Anna berharap masyarakat Kota Metro dapat memulai penerapan recycle dan urban farming.

“Ini dilakukan agar masyarakat metro kedepan dapat memperoleh penghasilan tambahan dari penerapan metode ini. Sehingga pundi-pundi yang dikumpulkan masyarakat tersebut dapat bermanfaat untuk kesejahteraannya,” tandasnya.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati mengatakan, Pokdar Kamtibmas harus menjadi motor penggerak sinergi masyarakat dengan kopolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Pokdar Kantibmas dapat membantu kerja kami (kepolisian) dengan membuat program-program kerja terakit sinergisitas menjaga keamnanan dan ketertiban masyarkat,” kata Kapolres.

Hal sendada disampaikan Walikota Metro Achmad Pairin. Dia berharap, pokdar kamtibmas mampu membantu tugas kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing.

“Saya berharap saudara-saudar Pokdar Kamtibmas dapat melakukan penyuluhan dan pencegahan gangguan Kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu. Pokdar Kamtibmas juga kerap kali dilibatkan dalam pengamanan menjelang hari-hari besar maupun kegiatan nasional,” kata Pairin.

Pairin meminta pengurus Pokdar Kamtibmas yang baru saja dikukuhkan untuk berpartisipasi menjaga dan melestarikan nilai-nilai kerukunan masyarakat .

“Saya berpesan kepada segenap pengurus pokdar Kamtibmas yang baru saja dilakukan untuk menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” pintanya. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *