Slogan “Gak Boleh Marahan”, Polres Metro Kukuhkan Pengurus Pokdar Kamtibmas Metro

SigerNews.com METRO – Polda Lampung melalui Dir Binmas Kombes Pol Joni Suroto bersama Polres Metro secara resmi mengukuhkan dan melantik Anna Morinda menjadi Ketua Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kota Metro di di Ballroom Grand Skuntum Kota Metro, Selasa (25/2/2020).

Hadir bersama dengan Wadir Binmas Polda Lampung, Kasubdit Polsus, Kasubdit Polmas dan Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung H. Firman Rusli,ST.MM. Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Joni Suroto secara langsung melakukan pengukuhan tersebut.

“Saya apresiasi kepada Polres Metro dan masyarakat Kota Metro yang sudah mau berpatisipasi, bergabung untuk menyelesaikan sekecil apapun masalah di wilayahnya. Saya berpesan kepada masyarakat yang mengikuti organisasi Pokdar Kamtibmas Kota Metro, tunjukanlah kiprahmu dalam menanggapi setiap masalah yang ada di wilayah metro,” kata Dir Binmas Polda Lampung Kombes Pol Joni Suroto dalam sambutannya.

Selain itu, Kombes Pol Joni Suroto mengingatkan organisasi Pokdar Kamtibmas mempunyai slogan yaitu “Gak Boleh Marahan” yang harus diterapkan dalam menyelesaikan masalah.

“Ini sangat bagus, karena dalam menyelesaikan masalah ketika memakai amarah itu tidak akan pernah selesai,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut bersama dengan Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati, hadir juga Walikota Metro Achmad Pairin, Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG, Kasdim 0411/LT, Waka Polres Metro Kompol Hendriansyah dan para PJU Polres Metro.

“Dengan berdirinya kelompok Kopdar Kamtibmas Kota Metro, kita dapat bahu membahu dan bekerja sama dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada di wilayahnya masing-masing. Sehingga menjadikan Kamtibmas khususnya di Kota Metro kondusif, aman, damai dan sejuk,” ujar Kapolres Metro AKBP Retno Prihawati.

Menurutnya, dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas Kota Metro adalah sebagai mitra Polri dalam pemberian informasi yang aktif. Sehingga dapat membantu upaya mewujudkan kamtibmas di lingkunganya.

“Dalam organisasi Pokdar Kamtibmas Kota Metro, adapun perannya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar. Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kamtibmas di wilayahnya masing masing,” jelas AKBP Retno Prihawati.

Sementara itu, Ketua Pokdar Kamtibmas Provinsi Lampung H. Firman Rusli,ST.MM menambahkan, sesuai dengan moto Pokdar Kamtibmas, diharapkan pengurus yang baru dilantik ini dapat menggunakan upaya penyelesaian masalah. Sehingga dapat menyelesaikan sebuah masalah yang ada di masyarakat Bumi Sai Wawai.

“Pokdar Kamtibmas bertugas mencegah masalah di masyarakat. Serta tujuan dibentuknya Pokdar Kamtibmas ini, supaya jika ada setiap kejadian sekecil apapun di warga dapat ditanggulangi dengan cepat,” tambahnya.

Sebagai Walikota Metro, Achmad Pairin memberikan apresiasi terselenggaranya Pokdar Kamtibmas dan menyambut baik atas acara pengukuhan Ini. Pokdar Kamtibmas Kota Metro diharapkan mampu membantu tugas Kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban.

“Saya berharap, saudara-saudara Pokdar Kamtibmas dapat melakukan tindakan penyuluhan dan pencegahan gangguan Kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu,” ucap Pairin.

Ditambahkan Pairin, Pokdar Kamtibmas selama ini juga kerap dilibatkan dalam pengamanan menjelang hari-hari besar maupun kegiatan nasional lainnya.

“Pesan saya kepada segenap pengurus Pokdar Kamtibmas yang baru saja di kukuhkan, Untuk menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Diketahui, Pokdar Kamtibmas Kota Metro dilantik berdasarkan berdasarkan Skep No : KEP / 12 / II / 2020 adalah Sbb. Dengan daftar kepungurusan, Ketua Anna Morinda, Wakil Ketua, Nasirwan Ali, Sekertaris Darwanto Agung Wibowo, Bendahara Ria Hartini, Ketua Bidang Pembinaan dan Penyuluhan KH Ahmad Zakaria dan Ketua Bidang Pemecahan Masalah Drs. H. Jazim Ahmad. (Ded)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *