Antisipasi Banjir, Bupati Winarti Kunjungi Kampung Bugis dan Mengajak Seluruh Elemen Bergotong Royong

SigerNews.com TUBA – Bupati Tulang Bawang Winarti mengunjungi lingkungan kampung Bugis dalam rangka pematangan persiapan dalam menghadapi banjir tahunan, senin (24/2/2020)

Secara goagrafis, Lingkungan Kampung Bugis kelurahan Menggala kota adalah dataran rendah dan dekat dengan sungai. Curah hujan yang tinggi, dan dibukanya pintu air Bendungan Way Rarem Kota Bumi mengakibatkan sungai Way Tulang Bawang meluap, akibat nya banjir tidak dapat dihindari setiap tahun nya.

Bupati Tulang Bawang Winarti dalam kunjungannya secara tegas mengatakan jangan sampai terjadi kelalaian sehingga menimbulkan korban jiwa seperti tahun lalu dimana anak-anak menjadi korban meninggal dunia karena terseret arus , untuk itu Bupati mengajak masyarakat Bersama Pemerintah Daerah umtuk bersama sama bergotong royong dalam mengantisipasi dan mencegah hal-hal buruk terjadi.

Antisipasi awal, orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur ini, telah menginstruksikan kepada jajarannya agar dapat memasang rambu-rambu larangan dititik-titik berarus deras dan dalam, sebagai himbauan bagi anak-anak dilarang bermain karena air sudah mulai semakin deras dan meninggi.

“kita sudah membuka posko dan tenda ditempat yang lebih tinggi datarannya”.

Sementara itu, posko kesehatan yang akan melayani masyarakat telah disiapkan dan di sebar dibeberapa titik, mengingat air sudah membuat gatal-gatal, sehingga ini juga mempengaruhi anak-anak dan kesehatan masyarakat.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang, Bupati Winarti meminta kerjasamanya kepada seluruh elemen masrayakat mulai tingkat RT hingga dinas terkait, agar dapat bergotong royong dalam melewati kondisi ini sampai bisa terlewati.

Jika melihat dari kondisi luapan akibat kiriman Bendungan Way Rarem dari Tahun yang sebelumnya hingga menyebabkan banjir besar di Menggala ini, biasanya juga akan berdampak di Kecamatan Gedung Meneng, Rawa Jitu dan Dente Teladas.

Diakui Bupati Winarti, dirinya dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi juga sudah berkoordinasi melalui telepon, agar tetap antisipasi hal-hal yang menyangkut tentang bencana, karena ini komitmen bersama, dan terkait langkah apa yang akan diambil oleh Pemerintah dalam meminimalisir banjir ini, Bupati Winarti dengan sigap menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin.

Untuk diketahui, Bupati Winarti juga telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PU Tulang Bawang untuk bekerjasama dengan Balai Besar “karena itu Jalan Negara dan juga Provinsi, untuk itu bagaimana air ini biar tidak mengendap akibat gorong-gorong yang skalanya terlalu kecil, sehingga tidak lancar airnya mengalir,” papar beliau. (rama)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *