Unila Akan Mengubah Wajah dan Semangat BPU

SigerNews.com BANDAR LAMPUNG – Badan Pengelola Usaha (BPU) merupakan legacy Rektor untuk melakukan lompatan menuju misi besar Universitas Lampung (Unila) unggul. Rektor akan memaksimalisasi sumber daya yang ada, baik dari sarana maupun tenaga kerja. Hal itu disampaikan Rektor Unila, saat mengumpulkan seluruh BPU Unila di ruang rapat rektor, Senin (20/01/2020).

Saat memimpin jalannya rapat, Karomani menegaskan bahwa Unila harus fokus pada pemanfaatan semua aset dan perencanaan infrastruktur di Unila untuk segera dikompilasi. Pencapaian target yang disusun Unila ke depan berorientasi pada unit bisnis yang menghasilkan income.  

Kerja sama yang dibangun dengan berbagai pihak investor kelak akan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku. “Kita akan melakukan percepatan, Unila akan siapkan lokasi yang baik dengan aturan KSO dengan pihak ketiga, hal ini agar mempermudah saya akan memaparkan kepada pihak luar guna membangun kerjasama”, pungkasnya.

Karomani juga menyimpulkan bahwa ada banyak peluang unit bisnis baru yang bisa BPU buka antara lain, pecucian mobil, OYO atau Reddoorz, percetakan, ticketing perjalanan, dan berbagai kerja sama manajemen dengan coorporate. “Unila Akan Mengubah Wajah dan Semangat BPU”, tegasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua BPU Unila, I Gede Swibawa melaporkan bahwa tarif yang telah diterapkan oleh BPU selama ini merupakan ketetapan sesuai Peraturan Kementerian Keuangan. Ia menyatakan bahwa total pemasukan potensial BPU bila dikelola secara maksimal yakni berjumlah 3,2 miliar rupiah setahun. Hal itu meliputi sewa retail dan food court, rusunawa, penggunaan kolam renang, sewa GSG, sewa kantin-katin di fakultas.

I Gede melaporkan bahwa tahun lalu pendapatan di aset kolam renang mencapai 300 juta ditambah dengan biaya pemiliharaan. “Sesunggah kualitas air kolam renang Unila merupakan yang terbaik, karena setiap hari diberikan perlakuan dan pemeliharaan, namun biayanya sangat tinggi”, ungkapnya.

Selanjutnya, Karomani menyatakan bahwa Unila punya peluang dan tidak akan menolak berbagai tawaran dari luar. Ketua BPU I Gede diminta tetap membantu menyoal pengelolaan BPU dan tetap berkolaborasi Direktur BPU yang kelak akan diangkat dari kalangan profesional. (DD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *