KPU Kota Metro Buka Pendaftaran PPK Untuk Pilkada 2020, Ini Syaratnya

SigerNews.com METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota metro membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2020 mulai 18-24 Januari.

Ketua KPU Metro Nurris Septa Pratama menjelaskan, bahwa proses seleksi PPK ini untuk menghasilkan penyelenggara pemilihan yang memiliki kompetensi, integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil untuk melaksanakan seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Metro Tahun 2020.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar bisa langsung mengambil formulir mulai hari ini, Rabu (15/1). Meskipun pada 18 Januari 2020 bertepatan dengan hari Sabtu, namun KPU Kota Metro akan tetap membuka layanan penerimaan berkas pada hari Sabtu dan Minggu tersebut.

Formulir bisa langsung diambil di Sekretariat KPU Kota Metro Jl. Letjend. Alamsyah Ratu Prawiranegara No.17 Kota Metro atau dikirim melalui e-mail dengan alamat [email protected],
bisa juga mengunduh melalui website resmi KPU Metro www.kpu-metrokota.go.id.

“Pada proses seleksi PPK tidak dikenakan biaya maupun pungutan lainnya, Apabila ada pihak-pihak yang menawarkan dan menjanjikan sesuatu dengan meminta suatu imbalan maka masyarakat dihimbau untuk tidak mengindahkan tawaran tersebut,” kata Nurris, Rabu (15/01/2020).

Selain itu, bagi para pelamar diharuskan mengisi sejumlah form kelengkapan persyaratan, salah satunya pernyataan tidak terlibat aktif partai politik selama lima tahun terakhir dan tidak menjadi tim sukses calon Walikota maupun calon wakil Walikota.

Menurut Nurris, syarat ini Sesuai aturan PKPU No.3/2017, dan diberlakukan untuk menghindari kepentingan bersifat politis dalam proses Pilkada nantinya.

“Sebab kita khawatir ada kepentingan tertentu yang berpotensi mengganggu proses Pilkada nanti. Anggota PPK diharapkan memiliki integritas yang kuat dan kualitas akan kemandirian,” tegasnya.

Nurris juga menambahkan, Kota Metro sendiri membutuhkan setidaknya 25 PPK untuk 5 kecamatan. Masing-masing kecamatan terdiri atas 5 orang PPK.

Pihaknya kembali mengingatkan, penyerahan berkas lamaran diserahkan langsung ke kantor KPU Kota Metro, paling lambat 24 Januari mendatang,” tutupnya. (Lasai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *