10 Kali Beraksi, 2 Pencuri Spesialis Rumah Kosong Diringkus Polisi

SigerNews.com TANGGAMUS – Polsek Pulau Panggung Tanggamus bersama warga berhasil menangkap GW (42) dan ER (41), Pelaku spesialis pembobol rumah kosong yang sedang ditinggal oleh penghuninya.

Pelaku berjumlah dua orang ini, saling berbagi peran, satu eksekutor dan satu lagi yang memantau kondisi di luar.

Uniknya, Penangkapan kedua pelaku merupakan warga Pekon Pagar Alam Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus itu, dilakukan ketika petugas bersama masyarakat menyisir barang bukti.

Dari mereka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa sepeda motor honda revo, 2 buah obeng, 1 golok dan 2 pisau milik pelaku serta 2 tabung gas warna hijau, 2 handphone milik korbannya.

Kapolsek Pulau Panggung Iptu Ramon Zamora, SH. MH mengungkapkan, kedua tersangka ditangkap berdasarkan laporan korban Sumarni (56) warga Dusun Gunung Sari 1 Pekon Gunung Sari Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus.

“Kedua tersangka ditangkap dibantu warga Gunung Sari pada Jumat (20/12/2019) pukul 15.00 Wib,” ungkap Iptu Ramon Zamora mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Minggu (22/12/2019) siang.

Menurut Iptu Ramon, kedua tersangka melakukan aksi kejahatannya ketika rumah tersebut ditinggal oleh penghuninya ke kebun. Sebelum masuk ke dalam rumah, mereka mendongkel pintu dapur dan menguras barang korban.

Korban baru mengetahui kalau rumahnya telah di bobol oleh para pelaku, sekitar pukul 12.00 WIB, saat pulang kerumah dan berjarak 20 meter melihat orang mencurigakan keluar dari dapur membawa tabung gas elpiji, sehingga suami korban spontan berteriak meminta pertolongan, namun para pelaku kabur.

“Kemudian korban memeriksa rumah dan benar saja HP Nokia Asa 25 warna Biru Toska, HP Xiaomi warna coklat dan uang tunai kurang lebih Rp. 40 ribu berikut 2 tabung gas elpiji telah raib,” ujarnya.

Dikatakan Iptu Ramon, mendapat informasi pencurian tersebut Bhabin Kamtibmas Pekon Gunung Sari dan anggota Reskrim Polsek Pulau Panggung langsung menuju TKP, didapat informasi bahwa kedua pelaku masih berada di seputaran TKP lalu anggota dibantu masyarakat berupaya melakukan pencarian.

Lantas, tidak jauh dari TKP berjarak sekitar 100 meter, ditemukan 1 sepeda motor jenis honda revo warna hitam dan 2 buah tabung gas elpiji, tiba-tiba pelaku Gunawan berusaha mendekat yang seolah dia tidak bersalah dan merasa masyarakat tidak ada yang mengenalnya.

“Saat mengamankan barang bukti tiba-tiba pelaku Gunawan mendekati TKP, sehingga saat itu juga pelaku langsung diamankan. Kemudian berdasarkan keterangan pelaku Erson Ariyanto juga berhasil diamankan saat bersembunyi tidak jauh dari TKP,” kata Iptu Ramon.

Dihadapan petugas, GW salah seorang pelaku mengaku datang ke rumah korban dengan terlebih dahulu menyembunyikan kendaraannya. Setelah dipastikan pemiliknya tidak ada mereka baru menjalankan aksinya dengan menjebol pintu dapur.

Bahkan, Pengakuan kedua pelaku mereka telah mencuri dihampir 10 rumah warga Ulu Belu dengan modus yang sama, kemudian menjual hasil kejahatannya. Uangnya telah habis untuk kebutuhan sehari-hari.

“Masuknya lewat dapur, sama seperti rumah lain. Hasilnya kami jual dan berbagi dua, uangnya sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari,” ucap GW dihadapan penyidik.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini kedua tersangka ditahan di Polsek Pulau Panggung guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Mereka dipersangakan tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam 363 Ayat (1) ke (4) dan ke (5) KUHPidana, ancaman maksimal 7 tahun penjara,” pungkas Kapolsek Pulau Panggung Iptu Ramon Zamora. (Adiwangsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *