Stop Buang Air Besar Sembarangan Deklarasi ODF di HKN Ke-55, Kementerian Kesehatan Beri Apresiasi

SigerNews.com NATAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019, Sabtu (7/12/2019).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Desa Pancasila, Kecamatan Natar itu sekaligus dilakukan deklarasi Open Defaction Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan juga Pencanangan Swasembada Gizi Tingkat Kabupaten Lampung Selatan.

Selain itu, peringatan HKN ke-55 yang disatukan dengan peringatan Hari Ibu ke-91 juga diisi dengan kegiatan jalan sehat, senam masal maumere, pembagian bingkisan dan makan telur bersama 1.000 balita dari PAUD/TK se-Kecamatan Natar.

Ada juga pelayanan kesehatan, pemeriksaan gigi, pelayanan rekap e-KTP dari Disdukcapil, pelayanan SKCK dari Polres Lampung Selatan, pameran bonsai, dan cukur beramal.

Sementara itu, pembacaan ikrar deklarasi ODF dipimpin Plt Bupati bersama camat dan kepala desa dilanjutkan penandatangan prasasti oleh Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dr. Imran Agus Nurali, S.P.Ok dan juga Plt Bupati H. Nanang Ermanto.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Imran Agus Nurali menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Plt Bupati beserta jajarannya, masyarakat, dan seluruh pihak terkait atas deklarasi ODF tersebut.

Sebagai wujud apresiasi itu, pihaknya menyatakan akan memberi penghargaan kepada kabupaten/kota yang telah melakukan deklrasi stop BABS di daerahnya.

“Insya Allah pada bulan Oktober nanti, setiap tahun Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan bagi kabupaten/kota yang sudah 100% ODF sejak 2018. Nanti Pak Plt Bupati kita undang ke Jakarta untuk menerima penghargaan. Ada juga Kepala Desa serta kader terbaik yang kami pilih untuk menerima penghargaan,” kata Imran. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *